Cara Ekstrak File 7z / Rar ke .iso dengan ZArchiver Android

Ketika mendownload suatu game berformat .iso, pasti kita tidak akan mendapati game tersebut langsung dengan format .iso / .cso. Yang akan kita temui adalah file .iso yang dimaksud masih dibungkus dengan .rar, .tar, zip, maupun 7z.

Alasan sebenarnya mengapa banyak blog yang membagikan file .iso dengan cara dibungkus dengan .rar adalah masalah ukuran. Dengan kita mengubah file .iso ke format .rar ataupun 7z, maka kita bisa mengompres ukuran file .iso tersebut menjadi lebih kecil.

Sehingga ukuran file .iso yang tadinya 1.3 GB dapat berubah menjadi 800 MB-an hanya dengan memanfaatkan teknologi kompres .rar atau .zip.

The Warriors PPSSPP .iso yang kemarin pernah saya bagikan pun sebetulnya adalah hasil kompres. Jadi, apabila Anda mengira kalau file aslinya berukuran 800 MB, Anda salah besar. File aslinya berukuran lebih besar dari itu, berkisar 1 Giga lebih.

Lalu bagaimana sih cara yang tepat untuk mengeluarkan file .iso dari .rar maupun .7z ?

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba.

Cara Ekstrak File 7z / Rar ke .iso dengan ZArchiver Android

Sesuai judulnya, untuk dapat mengekstrak file berformat 7z / .rar ke format .iso maka dibutuhkan sebuah aplikasi untuk membaca format file tersebut.

Jika di komputer kita mengenal winrar dan 7zip.

Maka di android aplikasi untuk membaca 7z dan .rar yang populer adalah ZArchiver.

ZArchiver adalah sejenis aplikasi untuk membuka, membaca, dan juga mengedit segala jenis file berekstensi .7z dan .rar. Jadi, dengan adanya ZArchiver ini, file .rar yang tadinya tidak dapat dijalankan, maka bisa terbaca berkat adanya ZArchiver.

Salah satu kegunaan Zarchiver yang sering dimanfaatkan oleh kebanyakan orang adalah fitur Ekstraknya.

Jadi dengan fitur ekstrak ini kita dapat mengeluarkan sebagian ataupun seluruh isi dari file .rar yang kita miliki.

Berikut adalah tahap demi tahap yang mesti Anda lakukan untuk melakukan ekstrak file .rar / 7z ke format .iso.

  1. Langkah pertama pastikan Anda memiliki file .rar / .7z yang di dalamnya terdapat file .iso.
  2. Selanjutnya download aplikasi bernama ZArchiver.
  3. Setelah itu buka aplikasi ZArchiver,
  4. Setelah terbuka, cari folder tempat di mana Anda menyimpan file .zip nya. Misalnya di sini saya menyimpan file Mortal Kombat – Unchained .zip di folder Download.
  5. Maka selanjutnya kita klik file tersebut, klik Ekstrak di sini, dan tunggu proses ekstrak yang berlangsung.
  6. Dan lihatlah perbedaan ukuran pada kedua file tersebut. Setelah diekstrak maka ukuran aslinya akan terlihat.
  7. Selesai. Selanjutnya file .iso tersebut bisa langsung Anda jalankan dengan PPSSPP.

Penutup

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka dan menjalankan berbagai jenis file .zip / .rar di hp Android, cukup hanya menggunakan satu aplikasi bernama ZArchiver.
Meski masih banyak aplikasi serupa, namun saya lebih menyarakan ZArchiver untuk Anda pergunakan. Alasannya adalah karena lebih praktis dan cukup banyak orang yang menggunakan aplikasi ini.
Taufiq
Hanya seorang lulusan SMA yang 2 kali gagal masuk Perguruan Tinggi. Saat ini sedang berfokus membangun beberapa blog yang mudah-mudahan bisa bermanfaat.